Mobil SUV Andalan Nissan

12 Feb 2016

Nissan Motor Indonesia (NMI) merupakan salah satu pabrikan mobil yang sudah banyak memperoleh penghargaan dari beberapa media nasional. Nissan baru-baru ini meluncurkan X-Trail generasi terbaru dengan desain, fitur, kelengkapan dan performa yang dimiliki SUV andalan NMI tersebut menjadi modal meriah berbagau gelar prestisius.

Banyak awak media yang sudah mencoba mobil SUV 7 penumpang ini di 2 rute dan kondisi berbeda, di Thailand dan Banyuwangi - Bali. Namun ada beberapa hal yang kurang direview dari beberapa tes yang sudah dijalani para jurnalis otomotif ini, yaitu seputar kepadatan lalu lintas di Jakarta. NMI bersedia meminjamkan unit All New Nissan X-Trail varian 2.5 CVT kepada awak media nasional untuk dikendari menerjang kemacetan Jakarta.


Seperti yang sudah kita ketahui kalau posisi duduk itu sangat menentukan tingkat kelelahan pengemudi. Dengan posisi mengemudi yang sempurna dan pas saat berada di ruang kemudi, bisa mencegah pengendara lekas capai. Nissan X-Trail ini menyediakan 2 gaya mengemudi yang bisa diatur pada jok yakni SUV dan sedan.

Lewat pengaturan model elektrik posisi pengemudi bisa dibuat rendah seperti sedan atau tinggi khas SUV. Posisi setir pun bisa disesuaikan baik tinggi rendah maupun maju mundur. Jadi, pengendara bisa mengatur sesuai keinginan ataupun kondisi lintasan yang dilalui. Pada posisi tinggi maksimal ruang kepala masih menyisakan spasi 8 cm atau sama dengan 4 jari yang dirapatkan, untuk ukuran dewasa tinggi 170 cm.

Praktis, kondisi tersebut dapat memberikan posisi yang pas bagi segala postur badan dan karakter pengendara. Desain jok konvensional memungkinkan pengemudi berbadan besar tetap dapat menikmati tanpa ada kesan sempit. Plus material yang empuk juga ikut mendukung kenyamanan mengemudi.

Kondisi lalulintas padat, berpindah lajur dan jalan sempit menjadi momok bagi mobil berbadan besar, yang memang melekat pada karakter SUV. Hal tersebut juga sempat dirasakan ketika mulai berinteraksi di padatnya lalulintas jam pulang kerja (17.00 - 19.00 WIB). Kendati dengan posisi duduk yang tepat jarak pandang bisa terlihat jelas, namun tetap saja ada beberapa area yang tidak terjangkau jelas oleh mata, yang terkadang membuat pengemudi ragu untuk bergerak.

Kondisi tersebut tak lagi jadi masalah ketika mengemudikan X-Trail, sebab kali ini sudah dilengkapi dengan 4 kamera yang dipasang di depan, samping kanan kiri, dan belakang. Pengemudi bisa melihat dengan jelas jarak dan kondisi sekitar, melalui layar pada head unit ketika fitur Arround View Monitor (AVM) di aktifkan. Fitur tersebut otomatis akan mati ketika mobil melaju lebih dari 10 kpj. Teknologi tersebut sangat membantu ketika hendak parkir dan bisa langsung aktif ketika masuk ke gigi mundur.

Kesan boros kerap melekat pada SUV. Hal tersebut biasanya disebabkan oleh mesin dengan kapasitas besar dan juga bobot yang tergolong  berat. Kendala tersebut coba diminimalisir oleh Nissan dengan menyematkan kelengkapan yang dapat memandu pengemudi untuk berkendara irit. Untuk aktivasi cukup tekan tombol bertuliskan Eco berwarna hijau di sebelah kanan setir, letaknya agak ke bawah dekat tuas pembuka kap dan penutup lubang bensin.

Kelengkapan tersebut dapat mengatur bukaan gas agar lebih teratur meski pengemudi punya karakter berkendara yang cukup agresif. Efeknya bisa menekan pengabutan bensin yang berlebihan pada ruang bakar. Konsekuensinya, akselerasi mobil terkesan agak kurang responsif, karena penambahan tenaga dilakukan secara periodik dan halus.


Jika ingin merasakan semburan tenaga dari mesin QR25DE bertenaga 171 tk, langsung nonaktifkan tombol Eco, dan tampilan tengah panel meter akan berubah. Akselerasi secara spontan akan menjadi lebih responsif. Pada pengujian yang berlangsung 3 hari melintasi lalulintas rute super padat Palmerah - Pondok Labu bolak balik, dengan penggunaan fitur Eco konsumsi bahan bakar mencapai 9,8 kpl. Sedangkan dalam kondisi normal 8,7 kpl. Untuk penggunaan jalan tol bisa meraih 14,5 kpl. Angka tersebut cukup baik untuk ukuran SUV di Tanah Air.


Menurut situs daftarhargamobil.my.id  teknologi pada Nissan X-Trail dapat membantu mempermudah dan memperkecil rasa khawatir pengemudi ketika harus berjibaku dengan kepadatan lalulintas dan jalan sempit.


TAGS Nissan


-

Author

Follow Me