Apa itu Forum Terbuka?

26 Feb 2014

Apa itu Forum Terbuka? Istilah “forum terbuka” dapat merujuk ke beberapa hal, tergantung pada siapa yang berbicara dan apa konteksnya. Semua makna ini, bagaimanapun, menyiratkan pertukaran terbuka ide dan informasi, biasanya untuk memberikan kebaikan bersama. Kata “forum” berasal dari bahasa Latin. Pada zaman Romawi, forum adalah pasar terbuka di mana orang bisa melakukan pembelian, berdiskusi dengan warga negara lain, dan mencoba untuk mencapai kesepakatan tentang masalah-masalah kepentingan umum.

Dalam arti luas, istilah ini dapat digunakan untuk menggambarkan setiap ruang di mana orang dapat bertukar informasi dan ide-ide. Di Amerika Serikat, misalnya, sebagian besar ruang milik pemerintah dan ruang milik umum adalah sebuah forum terbuka. Dalam forum itu, warga bisa protes, mengadakan pertemuan, dan menggunakan hak lainnya. Beberapa contoh khas termasuk trotoar, taman, jalan-jalan, gedung-gedung publik dan ruang dibuat khusus untuk tujuan tersebut.

Baca juga : Iddetik.com Forum Terbesar di Indonesia

Istilah ini juga digunakan untuk merujuk ke sebuah pertemuan atau acara tertentu. Dalam hal ini, sebuah forum terbuka ini dimaksudkan untuk menjadi tempat di mana orang dapat berkumpul untuk mencari tahu tentang isu tertentu, mencapai resolusi pada subjek yang kontroversial, atau berinteraksi dengan anggota masyarakat. Seringkali, pejabat dan perwakilan yang hadir untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari masyarakat, memfasilitasi diskusi, dan memberikan informasi yang berharga dan berguna.

Ide forum terbuka sangat penting untuk banyak negara demokrasi, karena memungkinkan warga memiliki kesempatan untuk berbicara tentang hal-hal yang menyangkut mereka. Hal ini juga memungkinkan warga untuk memiliki pengaruh dalam komunitas mereka, dengan memberi mereka suara dalam keputusan komunitas besar. Tergantung pada bangsa, forum mungkin menawarkan warga kesempatan untuk memilih pada pembangunan yang diusulkan, mengalokasikan dana masyarakat, atau berpartisipasi dalam komunitas mereka dengan cara lain.

Meskipun jenis forum terbesar di Indonesia dimaksudkan untuk menjadi ruang di mana kebebasan berbicara dilaksanakan, ada pembatasan. Orang-orang diharapkan untuk berperilaku sopan, meskipun mereka dipersilahkan untuk tidak setuju dengan satu sama lain. Kata-kata kekerasan atau tindakan yang tidak direstui, dan forum juga harus diadakan di jam wajar. Jika warga berniat untuk melaksanakan hak-hak publik mereka dengan berbaris atau memegang demonstrasi, mereka harus mengajukan permohonan izin, seperti sekelompok individu memegang sebuah forum di sebuah bangunan kota harus dilakukan. Sebagai aturan umum, forum terbuka harus terbuka untuk semua orang, terlepas ras, jenis kelamin, keyakinan, atau status ekonomi.


TAGS Forum Terbuka


Comment
-

Author

Follow Me